Tol Priok Belum Bekerja Sesuai Harapan

Presiden Indonesia Joko Widodo hadir meresmikan pembukaan jalan tol akses menuju Tanjung Priok. Presiden berharap besar dengan akses jalan tol menuju Tanjung Priok mampu mempersingkat perjalanan truk yang membawa barang. Kenyataannya jalan tol yang memiliki panjang 11.4 km ini tidak cukup mampu untuk memangkas perjalanan truk yang membawa barang menuju dan keluar Pelabuhan Tanjung Priok.

“Kalau buat masuk ke pelabuhan sih lebih lancar. Justru mulai macet bukan dari situ, saat di tol JORR sudah mulai macet dan di Cikampek juga mulai macet. Jadi pas ke ujung mau masuk atau ujung mau keluar Priok saja yang lumayan lancar. Tidak terlalu berpengaruh kalau Priok saja yang lancar, sekarang bagaimana mengatasi macet di JORR dan Cikampek.” kata Ketua Asosiasi Logistik, Saldi Ilham Masita.

Diparkirakan waktu mampu dihemat selama 30 menit saja. Akan tetapi perjalanan menuju tol Tanjung Priok lah yang sudah macet terlebih dahulu, dan ditambah sudah terhambat di JORR dan tol Jakarta Cikampek.

“Paling kita hemat waktu cuma setengah jam, enggak banyak. Sebelumnya kan bisa kita tempuh dari Cikarang ke Priok tiga sampai empat jam. Memang cukup membantu dengan adanya tol Tanjung Priok membuat jarak tempuh jadi 3,5 jam. Jadi enggak terlalu banyak. Macet justru berada pada JORR dan Cikampek, rute menuju tol Tanjung Priok harus segera di selesaikan. Harapannya ke depan, yang elevated Cikampek itu bisa cepat selesai dan dioperasikan.” katanya.