Tips Memilih Penjual Online Terpercaya

Belanja online memang sangat praktis dan fleksibel, bisa dilakukan dimana saja. Anda bisa melakukan proses jual beli dengan tujuan jauh. Misalnya saja melakukan pengiriman antar pulau atau bahkan pengiriman ke luar negeri.

Namun mencari penjual yang terpercaya juga sangat penting. Pasalnya, kini banyak sekali penjual online yang hanya menginginkan uang pelanggan saja, tanpa memperhatikan kualitas produk. Alhasil, banyak pembeli yang merasa dirugikan. Belum lagi jika pembeli bertemu dengan penipu. Biasanya setelah transaksi, uang dikirim, namun barang tidak sampai. Atau barang yang sampai tidak sesuai dengan gambar.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut tips memilih online shop terpercaya.

1. Cari Tahu Tentang Penjual

Sebelum melakukan transaksi, Anda bisa mengecek penjual produk tersebut. Anda bisa memperoleh informasi tersebut dengan mesin pencarian online, atau melihat komentar yang ditinggalkan oleh pelangganya. Jika proses pengiriman barang dan hubungan dengan pelanggan baik, patut diperhitungkan.

2. Lihat Jumlah Follower

Anda juga bisa mengecek sosial media online shop tersebut. Jika jumlah folowernya banyak, dan yang diikuti lebih sedikit, bisa jadi memang penjual tersebut sudah punya pangsa pasar yang luas.

3. Jangan Tergoda Harga Murah

Saat berbelanja online, jangan tergoda membeli barang dengan diskon besar. Bisa saja barang yang Anda beli tersebut palsu atau rusak.

4. Baca Diskripsi Dengan Baik

Saat akan membeli online, membaca diskripsi yang ditulis penjual juga sangat disarankan. Jangan sampai Anda mengabaikan penjelasan tersebut dan percaya begitu saja dengan gambar yang dimuat.

5. Pembayaran Dengan COD

Cash On Demand (COD) merupakan salah satu metode pembayaran yang disarankan. Jadi pembayaran baru dilakukan saat barang datang. Perhatikan juga waktu pengiriman barang. Jangan sampai Anda mengabaikan estimasi waktu yang diberikan, dan melakukan complain sebelum waktunya.

6. Simpan Bukti Pembayaran

Bukti pembayaran ini bisa digunakan untuk melaporkan masalah. Jadi jika terjadi masalah dalam transaksi jual-beli online, bukti pembayaran ini bisa direahkan pada yang berwajib.