Tips Mengirim Benda Cair Antar Pulau

Banyak yang mengeluh kesulitan saat akan mengirim paket barang cair. Hal ini memang tidak dipungkiri, pasalnya, banyak perusahaan jasa pengiriman yang takut barang cair tersebut tumpah. Apalagi, beberapa barang cair tersebut dikemas dengan wadah kaca yang mudah pecah.

Selanjutnya, barang cair susah dikirim melalui jasa pengiriman juga sifatnya yang mudah menguap. Ditakutkan, cairan tersebut mudah meledak atau terbakar. Apalagi jika benda cair tersebut mengandung bahan kimia.

Mengirim Cairan Melalui Laut

Bagi Anda yang ingin melakukan pengiriman antar pulau dengan jumlah besar, bisa memilih jalur laut.  Benda cair yang biasa dikirimkan melalui jalur laut adalah minuman kemasan, cat, sabun, dan kebutuhan lainnya.

Agar pengiriman antar pulau benda cair Anda aman, perhatikan hal-hal berikut ini.

1. Packing Yang Aman

Anda bisa mempacking benda cair yang akan dikirim dengan plastik terlebih dahulu. Kemudian saat memasukkan dalam kotak, Anda bisa melapisi buble wrap atau lapisan lainnya supaya saat terjadi benturan, wadah cairan tidak mudah rusak.

Kemudian untuk bagian luar, sebaiknya packing menggunakan bahan yang tidak mudah rusak atau penyok. Pilih bahan yang lebih keras seperti kayu. Terutama jika wadah cairan berupa kaca atau benda yang mudah pecah.

2. Jelaskan Pada Petugas Pengiriman

Jelaskan kepada petugas ekspedisi mengenai barang kiriman Anda. Ini supaya pihak jasa bisa memperlakukan paket kiriman Anda dengan khusus.

3. Biaya Khusus

Khusus untuk pengiriman antar pulau benda cair, biaya dihitung berdasarkan bobot cairan.