Tips Packing Yang Efektif Untuk Pindahan

Pindahan memang sesuatu hal yang terkesan ribet, baik itu pindahan rumah maupun pindahan kantor. Bahkan banyak yang kewalahan. Tidak heran, pindahan memang membutuhkan proses yang panjang, apalagi jika barang bawaan banyak dan berat.

Salah satu proses pindahan yang menyita waktu adalah packing. Packing memang harus direncanakan dengan baik dan benar. Tujuannya, supaya terorganisir dan mudah saat melakukan pembongkaran nantinya. Selain itu, packing yang baik bertujuan agar barang yang dibawa bisa aman sampai ketujuan.

Berikut beberapa hal yang bisa diperhatikan saat Anda melakukan packing untuk pindahan rumah maupun pindahan kantor.

1. Siapkan Alat Dan Bahan

Langkah pertama adalah menyiapkan alat dan bahan secara lengkap. Ini supaya proses packing nantinya tidak terhambat dan membuang-buang waktu.

2. Pisahkan Barang

Pisahkan barang-barang yang akan dipacking. Misalnya saja untuk barang mudah pecah, sebaiknya jangan dijadikan satu dengan logam atau besi. Kemudian, saat melakukan packing, beri pelindung seperti bubble wrap. Tujuannya supaya tidak pecah saat terjadi pengangkutan.

3. Beri Label

Setiap barang yang telah dipacking sebaiknya diberi label. Ini untuk memudahkan saat pembongkaran. Akan lebih baik jika label diberi warna yang berbeda. Misalnya saja untuk alat dapur diberi label kuning, pajangan dinding diberi label merah, dan sebagainya.

4. Pisahkan Keperluan Mendesak

Anda juga harus memisahkan barang mendesak, seperti surat penting untuk pindahan kantor. Sedangkan untuk pindahan rumah, Anda bisa mengemas kebutuhan sehari-hari secara terpisah. Misalnya saja baju ganti, tisu toilet, dan kebutuhan yang harus digunakan segera.

5. Pisahkan Barang Yang Tidak Digunakan

Sebaiknya Anda menyiapkan kantong sampah untuk membuang barang yang sudah tidak digunakan. Ini untuk memudahkan membuang dan tidak membuat berat proses pindahan.