Tips Sebelum Mengirim Sepeda Motor

Pengiriman sepeda motor bisa dilakukan menggunakan dua jalur, yakni darat dan laut. Untuk pengiriman sepeda motor antar kota, Anda bisa memilih jalur darat. Untuk pengiriman darat, Anda bisa memilih akan menggunakan mobil box atau kereta api.

Selain pengiriman darat, Anda juga bisa melakukan pengiriman sepeda motor menggunakan jalur laut. Jalur laut biasa dipilih untuk pengiriman sepeda motor antar pulau.

Tips Pengiriman Sepeda Motor

Tidak dipungkiri, apapun cargo yang Anda pilih untuk melakukan pengiriman, risiko pasti ada. Misalnya saja guncangan saat proses pengiriman, hingga benturan yang menyebabkan kerusakan. Oleh karena itu, sebelum melakukan pengiriman laut atau darat, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut.

1. Cek Kondisi Sepeda Motor Yang Akan Dikirim

Anda bisa memotret sepeda motor sesaat setelah sampai di perusahaan jasa pengiriman. Ini untuk memastikan kondisi terakhir sepeda motor sebelum diserahkan kepada jasa pengiriman.

2. Packing Sepeda Motor Dengan Baik

Packing dilakukan supaya sepeda motor tidak rusak ketika terjadi hal yang tidak diinginkan di dalam kereta api. Sebaiknya, Anda menanyakan pada pihak jasa pengiriman apakah biaya yang harus dibayarkan sudah termasuk packing. Jika belum, tanyakan pada perusahaan jasa untuk biaya packing. Pasalnya, packing biasanya dilakukan oleh pihak perusahaan jasa pengiriman.

Walau packing dilakukan oleh pihak jasa pengiriman, tidak ada salahnya Anda memperhatikan detail atau meminta pihak jasa melindungi bagian kendaraan yang rawan dan bergarga mahal.

3. Asuransikan Keselamatan Pengiriman Anda

Anda juga harus mengasuransikan kendaraan yang akan dikirim. Hal ini dilakukan, ketika terjadi kehilangan ada perusahaan asuransi yang akan membantu menanggungnya.

4. Lakukan Pengecekan Proses Pengiriman

Setelah sepeda motor diserahkan, biasanya akan diberi tanda terima. Surat tersebut bisa digunakan untuk melakukan cek proses pengiriman dan digunakan untuk mengambil kendaraan.