Indonesia Plans to Build Halal Port Logistics Center

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/IPC dan PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) menandatangani nota kesepahaman bersama, atau MoU tentang penyusunan kajian kerja sama pembangunan dan pengoperasian area logistik terintegrasi secara syariah di kawasan JIEP.

Penandatanganan MoU ini disaksikan oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani, dan dilakukan dalam kegiatan The 12th World Islamic Economic Forum (WIEF) yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center.

MoU ini merupakan tindaklanjut dari MoU antara IPC dan PT JIEP tentang sinergi bisnis dan pemasaran yang ditandatangani pada 27 Juni 2016 lalu di Jakarta.

"Di sini, nanti kontainer, atau barang-barang yang masuk di situ akan dikelola secara syariah. Ini adalah terobosan baru di Indonesia, dan diharapkan dengan adanya halal hub ini barang-barang dari Timur Tengah, Malaysia masuk ke Indonesia dan dikelola dengan pendekatan syariah," kata Direktur Utama Pelindo II, Elvyn G. Masassya.

Kesepakatan bersama ini dilaksanakan dengan maksud mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan international halal hub di Kawasan JIEP.

Proyek ini diharapkan tidak hanya menjadi pionir halal hub di Indonesia, tetapi dapat memberikan kontribusi maksimal dari sisi perekonomian dalam menjembatani, dan memenuhi kebutuhan pasar, serta industri halal baik di dalam maupun luar Indonesia. 

Adapun, lokasinya nanti ada di Pulogadung dan Pelabuhan Tanjung Priok. Kedua tempat tersebut, akan dijadikan halal port yang diinisiasi oleh anak perusahaan IPC, yakni PT Multi Terminal Indonesia bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia pada awal 2016 lalu.

Untuk diketahui halal hub merupakan transit area untuk produk-produk dari negara-negara non-muslim, dengan tujuan ke negara-negara mayoritas muslim seperti Indonesia. Keseluruhan dari halal hub ini nantinya adalah integrasi dari halal porthalal zone (gudang halal dan pusat fashion Muslim), dan penerapan konsep halal logistics and halal supply chain management.

Pelabuhan Tanjung Priok menjadi halal port, dan Kawasan Industri Pulogadung sebagai tempat halal zone dan industri kreatif.