Elang Logistics

Kenali Bedanya Antara Cargo Dan Ekspedisi

Di pengetahuan jasa-jasa antar barang kedua kata tersebut sering kali terdengar. Akan tetapi mereka hanya sering membedakan jika cargo pengiriman dalam jumlah yang besar sedangkan ekspedisi dalam jumlah yang relatif sedikit. Kargo sendiri berdasarkan klasifikasi pengirimannya ada tiga macam yaitu umum,  spesial dan dangerous goods. Dan ketiga jenis tersebut masih dibagi kembali berdasarkan jenis barangnya. Karena kargo lebih identik dengan kargo pesawat maka akan ada penanganan khusus mengenai keamanan, sedangkan untuk kargo laut pun akan berbeda penanganannya dan juga kargo darat.

Perbedaan yang paling diketahui oleh masyarakat mengenai kargo dan ekspedisi adalah jika kargo identik dengan pengiriman melalui pesawat sedangkan ekspedisi menggunakan jalur darat dan laut. Padahal keduanya mempunyai persamaan yaitu sama-sama mengirimkan barang dan bisa menggunakan jalur darat, udara dan juga laut.

Jika kargo ada jenisnya maka begitu juga dengan ekspedisi yang terbagi dalam tiga jenis; ekspedisi khusus, ekpedisi reguler dan ekspedisi spesialis. Biasanya ekpedisi spesialis ini melayani antar kota dan wilayah kota besar lokasi pengirimannya sehingga lebih cepat. Bisa juga ekspedisi spesialis ini merupakan wilayah yang paling dikuasai oleh armada jasa pengiriman.

Persamaan lainnya dari keduanya adalah layanan pengiriman akan tepat waktu dan selamat karena banyak faktor wilayah geografis yang mendukung, cuaca dan juga arus pengiriman biasa akan sedikit terlambat karena hari libur panjang, seperti Idul Fitri atau Natal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?