Elang Logistics

Tanggung Jawab Jasa Pengiriman Darat

Kargo Elang Logistics

Berpindahnya bisnis retail ke bisnis online membuat jasa pengiriman melalui darat marak terutama untuk bisnis online antar kota di Pulau Jawa. Pemerintah Indonesia sendiri beberapa tahun ini mengedarkan surat yang berisi kenaikan tarif muatan udara sehingga hal ini juga mengubah tarif berbagai jasa pengiriman.

Perubahan tarif muatan udara  membuat pemilik jasa pengiriman mencari alternatif lain selain transportasi udara. Dan pengiriman barang lebih banyak menggunakan pengiriman darat dan untuk yang ekspess baru menggunakan jalur udara dengan tarif yang lebih mahal dari sebelumnya. Dan perusahaan-perusahaan jasa pengiriman melalui darat meningkat cukup signifikan akan tetapi terkadang orang-orang kurang paham mengenai tanggung jawab seorang pemilik perusahaan jasa pengiriman terutama via jalur darat.

Anda sebagai pemilik jasa pengiriman mempunyai beberapa tanggung jawab terutama yang mengatasnamakan perusahaan. Berikut beberapa tanggung jawab yang harus dilakukan pemilik perusahaan.

  • Perusahaan anda bertanggung jawab untuk mengganti rugi setiap barang yang rusak atau hilang milik konsumen. Peraturan ini di atur dalam UU No. 22 Tahun 2009. Akan tetapi ada aturan dalam ganti rugi barang yang rusak atau hilang jika hal tersebut disebabkan karena kejafian yang tidak bisa dicegah atau karena kesalahan dari konsumen atau pengirim itu tersendiri.
  • Jika sopir atau pekerja atau kurirnya melakukan perbuatan yang melanggar hukum maka perusahaan jasa pengirimanlah yang bertanggung jawab. Maka dari itu selektif dalam pemilihan pekerja baik itu kurir atau sopir sangat diperlukan.
  • Izin usaha dalam perusahaan menjadi tanggung jawab sang pemilik jasa dan anda sebagai pemilik usaha bertanggung jawab dan hal-hal yang menjadikan usaha jasa pengiriman anda di cabut tidak boleh dilanggar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× How can I help you?