Elang Logistics

Tanggung Jawab Jasa Pengiriman Laut

Shipping Elang Logistics

Indonesia sebagai negara kepulauan membuat beberapa akses lebih terjangkau menggunakan jalur laut untuk pengiriman barang. Maka tidak heran jika jasa pengiriman barang via laut banyak dipilih oleh sebagian pebisnis untuk mendistribusikan barang-barang. Selain karena hanya bisa dijangkau menggunakan jalur laut harga jasa pengiriman laut ini lebih terjangkau dari segi harga terutama untuk wilayah Indonesia bagian pesisir pulau di Indonesia.

Dalam industri jasa pengiriman barang via laut atau pelabuhan atau biasa dikenal dengan Ekspedisi muatan kapal laut atau EMKL.  Dan EMKL ini ada beberapa pihak yang terlibat mulai dari pengirim, carrier dan cosignee. Dalam industri pengiriman via kapal laut memang pihak dari jasa sendiri yang akan bekerja sama dengan pihak penyedia kapal mengenai peraturan pengiriman barang, belum adanya peraturan yang khusus mengatur mengenai risiko yang harus ditanggung pengirim jika terjadi sesuatu ketika proses pengiriman ini yang membuat industri ini lebih banyak dikuasai oleh perusahaan besar yang melakukan pengiriman barang secara besar-besaran dan mereka bisa melakukan perjanjian tersendiri dengan EMKL.

Perjanjian tersebut biasanya memuat mengenai timbal balik yang dilakukan oleh jasa pengiriman dengan pihak EMKL. Dan biasanya jasa pengiriman hanya mempunyai hak dan kewajiban mengantarkan barang ke tempat tujuan dengan selamat dan menjamin barang yang sampai diterima tanpa kerusakan apapun. Jika barang yang diterima mengalami kerusakan maka penerima barang berhak untuk mengklaim sesuai dengan perjanjian dengan melampirkan beberapa dokumen-dokumen pendukung serta bukti kuitansi, dan lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?