Pentingnya Pengecekan Barang pada Pengiriman Internasional

Di zaman pasar bebas seperti sekarang ini lalu lintas pengiriman barang tidak hanya terjadi di antar kota, antar pulau saja, namun bisa sampai ke antar negara. Bahkan jasa pelayanan pengiriman internasional tidak hanya dilakukan oleh badan usaha, tidak sedikit orang per orang yang membuka layanan ini.

Berbeda dengan pengiriman barang domestik, sebelum dikirim barang sudah dikemas terlebih dahulu. Sedangkan untuk pengiriman barang ke luar negeri, sebaiknya barang tidak dikemas dulu. Alasannya karena sebelum disetujui untuk dikirim, barang yang Anda kirim akan diperiksa oleh petugas bea cukai.

Mungkin di antara pembaca ada yang bertanya-tanya “kalau barangnya bukan barang ekspor, kenapa harus diperiksa? kan tidak harus bayar biaya bea masuk, pajak, dan lainnya.”

Jawabannya, memang jenis barang eksport tidak akan dikenakan pungutan kecuali untuk jenis-jenis tertentu. Pemeriksaan dilakukan karena merupakan tugas dan tanggung jawab petugas. Dan hal ini sudah diatur oleh undang-undang. Selain itu, pengiriman internasional terutama menggunakan transportasi udara harus mengutamakan keselamatan penerbangan. Hal ini untuk mencegah barang-barang yang berbahaya lolos dari pemeriksaan.

Selain itu, bukan hal yang tidak mungkin jika pemeriksaan tidak dilakukan menjadi peluang atau modus orang-orang tidak bertanggung jawab melakukan pelanggaran dengan mengirim barang-barang yang dilarang atau berbahaya.

Setelah mendapat persetujuan dari petugas bea cukai, barulah kemudian barang dikemas dengan rapi. Demikian pembahasan seputar pengiriman internasional, khususnya mengenai alasan mengapa barang yang dikirim halus melalui prosedur pemeriksaan terlebih dahulu. Semoga bermanfaat!