Penjelasan Singkat Managemen Dan Tugas Warehouse

Warehouse atau pergudangan adalah tempat yang fungsinya untuk menyimpan barang yang akan diproduksi atau hasil produksi dalam jumlah dan jangka waktu tertentu.

Manajemen Pergudangan

Barang yang disimpan di gudang kemudian didistribusikan ke tempat tujuan berdasarkan permintaan. Mengelola barang di pergudangan bukanlah hal yang mudah membutuhkan akurasi, kontrol sesuai perencanaan. Agar tujuan tercapai sesuai perencanaan maka dibutuhkan management system dengan teknologi informasi.

Tugas Warehouse

Pekerjaan sebagai warehouse adalah mulai dari mempersiapkan pesanan, memproses dan mengirimkan pesanan, mengirimkan data, memastikan persyaratan lengkap, melengkapi laporan dan memasukkan informasi yang diperlukan. Membuat catatan inventaris, menunjukkan jenis dan kode barang, menyimpan barang sesuai dengan kelompok/jenisnya dengan benar dan tertib.

Selain itu, pekerja di gudang juga harus melakukan perhitungan fisik per hari secara manual, berkordinasi dengan administrator dan manajer yang berhubungan dengan inventaris, membuat pengaturan untuk karyawan bawahan untu mendistribusikan pengiriman barang dan menjaga armada/kendaraan ekspedisi.