Selama Pandemi, Arus Kapal dan Petikemas Pelindo III Meningkat

Liputan6.com, Jakarta Pengelolaan arus logistik melalui pelabuhan atau terminal oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) masih berjalan lancar sesuai target. Bahkan ada kecenderungan mengalami peningkatan dibandingkan dengan kinerja pelabuhan.

Pertumbuhan tersebut terjadi karena beberapa jurus relaksasi dan stimulus yang diberikan Pelindo III kepada pelaku logistik agar lebih bergairah untuk menggenjot kegiatan ekspor impor dan domestik. 

Sebagai operator pelabuhan yang mengoperasikan 43 terminal/pelabuhan, arus petikemas Pelindo III secara keseluruhan hingga April 2020 mengalami kenaikan. Ya kenaikan sebesar satu persen atau sekitar 1,6 juta Twenty foot Equivalent Units (TEUs), dibandingkan pada periode yang sama tahun sebelumnya. 

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan, hingga April 2020 Pelindo III mencatat kenaikan kinerja khususnya pada arus kapal dan petikemas. Ia menjabarkan lebih lanjut pada arus kapal terjadi peningkatan sebanyak tiga persen yaitu 94,7 juta GT. 

“Terjaganya kinerja positif jasa kepelabuhanan ini berkat komitmen Pelindo III bersama para pengusaha dalam upaya menjaga logistik. Di sisi lain, Pelindo III juga terus menjaga layanan operasional dengan tetap beroperasi selama 24 jam dalam 7 hari (24/7) sebagai komitmen menjaga kelancaran logistik Indonesia sehingga pelayanan aktivitas kepelabuhanan tetap terlayani dengan baik,” tegas Doso. 

Ditemui ditempat terpisah, Stenven H Lesawengen Ketua DPC INSA jawa Timur mengapresiasi relaksasi dan stimulus yang diberikan oleh Pelindo III karena dapat membantu para pelaku logistik di tengah pandemi Covid-19.

“Dengan berbagai inovasi dan terobosan yang diberikan ini dapat menyemangati kami untuk menjaga iklim usaha logistik baik ekspor/ impor maupun domestik. Terima kasih Pelindo III selalu mengedepankan komunikasi yang cair dengan kami stakeholder dimana hal tersebut merupakan faktor penting dalam mewujudkan layanan prima dan perbaikan berkesinambungan,” tambahnya.

Source: http://liputan6.com/